Selasa, 12 Januari 2010

PENGERTIAN TEKNIK HIDUP DI ALAM BEBAS (THDB)/SURVIVAL


Teknik Hidup di Alam Bebas (THDB) atau dikenal juga dengan istilah SURVIVAL adalah merupakan cara-cara/usaha yang dilakukan manusia untuk keluar dari kesulitan yang dihadapinya dalam kegiatan/aktivitas di alam bebas. Bagi mereka yang biasa beraktivitas di alam bebas kesulitan bisa jadi datang karena beberapa faktor, yang secara umum bisa dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
  1. Faktor yang berasal dari dalam diri, diantaranya keadaan mental, fisik atau kesehatan
  2. Faktor yang berasal dari luar diri, diantaranya berupa keadaan cuaca, medan, binatang, tumbuhan atau musuh.
THDB/Survival dapat dilakukan oleh seorang petualang atau petugas khusus. Bagi seorang petualang, THDB/Survival merupakan keterampilan yang ditujukan bagi dirinya pribadi untuk melepaskan diri dari sebuah kesulitan. Sedangkan bagi petugas khusus, THDB/Survival selain ditujukan bagi dirinya juga ditujukan bagi orang yang berada dibawah pengawasan atau tanggungjawabnya, seperti seorang nakhoda kapal laut komersial, kemampuan THDB/Survivalnya selain ditujukan bagi dirinya sendiri juga ditujukan bagi para penumpang manakala mengalami sebuah kesulitan. Bahkan bagi petugas khusus hendaknya kepentingan orang yang berada dalam tanggungjawabnya lebih diutamakan daripada dirinya sendiri.

Di lingkungan militer, survival memiliki kepanjangan sendiri, yaitu sebagai berikut :
S = Sadarilah sungguh-sungguh situasimu
U = Untung malang bergantung pada ketenanganmu
R = Rasa takut dan panik harus dikuasai
V = Vakum/kekosongan jiwa isilah segera
I = Ingatlah dimana kamu berada
V = Viva (hidup) hargailah
A = Adat Istiadat setempat perlu ditiru
L = Latihlah dirimu dan belajarlah selalu

Bila kita perhatikan uraian kepanjangan dari survival tersebut di atas, kita akan mendapatkan gambaran tentang apa dan bagaimana pengertian THDB/survival.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar